Pages

11.16.2011

Kenapa harus menulis?

Gambar Ilustrasi

Sejenak sedang mengkodisikan dengan lingkungan yang ada, menyamakan frekunsi dan persepsi dari berbagai macam pandangan lain yang ada agar kata-kata ini mudah diterima walaupun tulisan ini akan sangat sederhana :)

by the way kenapa saya menulis?
atau pertanyaan yang sesuai dengan judul disebutkan kenapa harus menulis?

sejenak terfikir ada berbagai macam fikiran berupa informasi masuk ke dalam otak ketika pribadi & jari-jemari ini mulai mengetik dalam sebuah keyboard di notebook

satu fikiran yang muncul adalah
bahwa menulis itu bermanfaat

bermanfaat dalam membuat alur sejarah
baik itu manusiawi maupun yang lain

menulis adalah media pemberitahu informasi via kata
sedikit bertanya pernahkah membaca surat kabar, SMS, dll.? yang fungsinya adalah untuk memberitahukan sebuah informasi, keadaan yang menggambarkan sebuah cerita kehidupan yang dalam bahasa indonesia nya disebut dengan narasi (coba untuk lebih jelasnya tanyakan saja kepada orang yang sedang lebih mengeksplorasi tentang kata dalam bahasa/ boleh jadi kepada para sastrawan maupun ahli bahasa/ mahasiswa bahasa boleh jadi, hehe) boleh jadi mereka justru lebih ahli dalam hal pengertian ini.

di luar konteks pembahasan yang sebelumnya saya mencoba untuk masuk lagi untuk menjawab pertanyaan kenapa harus menulis...

sejenak menghela nafas (huh...) maaf bukan untuk berarti keluhan namun untuk sedikit merelaksasikan diri agar pembahasaan ini terasa lebih santai

menulis adalah media, media komunikasi, menulis memberikan sebuah & banyak makna, menulis dapat menyalurkan emosi seseorang, dalam berbagai hal kondisi apappun, menulis juga memberikan ide, gagagasan, opini maupun argumentasi, ketika mulut ini terbatas ketika jarak menjadi batas.

menurut saya sementara ini menulis secara keuntungannya dibedakan menjadi beberapa bagian:
1. untuk diri sendiri: menjadi media untuk menginformasikan sesuatu kepada khalayak umum dari yang bersifat urgent, hikmah, nasihat, maupun hanya sebatas joke.

2. secara universal: memberikan ilmu pengetahuan sebagai modal untuk perbaikan di masa yang akan datang, salah satu contoh dari tulisan ini adalah; buku-buku penelitian

masih banyak lagi karya-karya tulisan yang bermanfaat dan walaupun saya mengakui pula diantaraya ada yang bisa saja menjadi tidak bermanfaat, kalo ada yang bilang "itu bagaimana orang tersebut menilai dari berbagai sudut pandang ketika dia membacanya (saja) dan mau dibawa ke positif atau negatif itu tergantung(?) si pembaca..."

maka jawaban saya adalah boleh jadi tulisan yang kurang bermanfaat itu bisa saja berguna, berguna untuk menjadi informasi saja, serta sebagai bahan untuk pembelajaran di hari depan.
walaupun hati kecil ini menolak adanya tulisan-tulisan seperti itu.

kebetulan saya belajar sedikit tentang hypnosis, banyak orang yang mempengaruhi orang lain dengan tulisan-tulisan mereka, bahkan sampai ada pepatah yang mengatakan yang senada berbunyi "jika kamu mau mengetahui pemikiran seseorang maka salah satunya cobalah teliti apa yang sedang ia baca" di lain hal tulisan itu pun dapat pula mengubah karakter seseorang & prilaku seseorang/ banyak orang.

tulisan yang tidak ditempatkan secara proporsional & baik akan menimbulkan perpecahan maupun peperangan
tulisan yang baik dan pas pada penempatanya akan memberikan manfaat dan kedamaian.

itu dikembalikan kepada niat si penulis akan memilih jalur yang mana?
semoga ia memilih jalur yang benar & lurus.

berbicara tentang menulis saya teringat dengan salah satu karya tulis berupa novel, maaf jangan sekali-kali manganggap remah hasil karya tulis seseorang dalam berbagai bentuk apapun, anda tahu salah satu karya tulis fiksi (tidak nyata) berupa novel? ternyata karya tulis ini (novel) dapat mempengaruhi sebagian pembacanya dan hanya dari kekuatan kata-kata. tahu HARY POTTER?/ AYAT-AYAT CINTA? dengan tulisan novel dari para penulis, mereka (sang penulis) juga bisa turut membantu merubah dengan seketika budaya dan prilaku seseorang dalam skala dunia.

hebat bukan kekuatan menulis?

lalu hamba ini teringat dengan pembukuan Al-Quran ke dalam bentuk tulisan yang dilakukan pada zaman khalifah Ustman Bin Affan beserta para penulis yang hafal Al-Quran, boleh jadi ketika itu jika Al-quran tidak dibukukan (dituliskan) maka Al-Quran sampai dengan saat ini akan sulit sekali diterima oleh orang-orang yang awam.

Wallahu Alam bi shawab.

selanjutnya boleh jadi akan membahas berbagai macam manfaat dalam menulis

hari Selasa, 15 November 2011
Tempat: WARNET ANUGRAH 26
sementara sekian dulu pada pukul 17:33

-TO BE CONTINUE-

dengan diiringi oleh musik Mozart Canon in D

Mohon komentar yang membangun ya :)

Sumber:
http://mywritec12.blogspot.com/2011/11/kenapa-harus-menulis.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar