Pages

3.20.2010

Kebebasan dan Keyakinan


Sebagai anggota masyarakat, kita sering melihat kepada orang lain bagaimana sebaiknya kita bersikap. Sebagian besar dari kita adalah pengikut, bukan pemimpin, berjalan di atas jalan yang banyak di tempuh dengan nyaman dan mudah, jarang meretas jalan kita sendiri. Kita lebih memilih untuk membiarkan orang lain menentukan standar, masuk ke dalam barisan dengan hati-hati agar tidak timbul gejolak.


Jika Anda membiarkan perilaku Anda dipengaruhi oleh perilaku orang lain, Anda mengorbankan keinginan dan keperluan Anda sendiri untuk bisa di terima. Orang-orang yang memiliki kebebasan dan keyakinan diri tidak mudah diombang-ambingkan oleh orang banyak jika mereka merasa tidak tertarik terhadap sesuatu. Mereka mengetahui apa yang mereka inginkan dan tidak peduli walaupun mereka harus sendirian.

Sendirian? Ya, hanya sendirian. Jika ada seribu orang yang memiliki kebebasan dan keyakinan diri terhadap sesuatu yang benar, maka pastikan salah satunya adalah kita. Begitu pun jika hanya seratus atau sepuluh orang maka pastikanlah salah satunya adalah kita. Tapi jika tidak ada seorangpun maka saya akan menjadi orang yang memiliki kebebasan dan keyakinan itu. (aan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar