belajar bisnis kembali hadir, malam-malam gini paling enak kita kembali bahas tentang bisnis
karena bagi para pebisnis
tak ada kata santai, yang ada adalah produktif dengan segala waktu yang dimiliki
kita bahas sebuah halyang mungkin membedakan antara pebisnis handal dan yang baru saja memulai
kadang, dalam sebuah tempat berjualan
pasar misalnya, sering kita temukan kondisi semacam berikut:
ada 2 warung bersebelahan, menjajakan jualan yang sama
yang satu jual sepatu, dengan merk dan harga yang relatif terjangkau
yang satu lagi, persis, yang dijual persis sama
namun
seringkali, banyak pelanggan yang memilih penjual yang satu daripada yang lain
padahal, harga sama, barang pun sama
atau di pasar juga tempatnya
ketika kita masuk ke bagian sayuran,
misalnya kita ingin membeli tempe,
lalu ketika masuk di gerbang pasar, sebenarnya
sudah berjejer 3 kios penjaja tempe,
hanya saja kita terus berjalan melewati mereka tanpa menghiraukan
lalu rela berjalan lebih jauh dan lebih lama
untuk belanja di kios yang kita biasa membeli tempe sebelumnya
padahal,
bisa jadi harga sama, produk sama
bahkan,
bisa jadi harga yang biasa kita beli itu lebih mahal dibandingkan
kios yang kita lewati tadi
nah? kenapa bisa demikian?
hal ini menunjukan sebuah hal sederhana
"seseorang membeli bukan hanya karena barangnya.... tapi
siapa orang yang menjual barang tersebut..."
kepercayaan, trust, hal inilah faktor kunci keberhasilan bisnis seseorang
ketika kita mampu dipercaya oleh banyak orang di sekeliling kita,
bahkan oleh orang yang berjualan sama dengan kita
insyaAllah
lancaaar......
nah, tinggal bagaimana caranya kita memposisikan diri
sebagai orang yang dipercaya banyak orang?
kalo bahasa gaulnya sekarang tuh
personal branding?
citra bisa dibentuk, ini bisa anda buat dengan menggunakan
baju yang tepat! (penampilan memberikan kesan kuat terhadap anda)
penampilan wajah dan bentuk rambut atau hal-hal fisik yang langsung terlihat,
paling minimal berusahalah untuk tampil rapih,
nah ini cukup berguna untuk menampilkan citra kita di hadapan orang lain
tapi, citra itu hanya sementara
sedangkan yang cukup berkesan jangka panjang adalah
kepribadian
keyakinan
serta integritas,
kejujuran kita terhadap mereka
serta sikap kita, kedisiplinan kita, mematuhi prinsip yang kita miliki
hal-hal ini yang sangat berkesan jangka panjang
bahkan bila hal ini tlah kita miliki,
citra itu kan terbangun dengan sendirinya
secara teori hanya seperti itu,
tapi nyatanya
ini butuh waktu cukup lama bagi kita untuk menempelkan kesan baik
pada diri seseorang mengenai diri kita pribadi
tak kan terlihat dalam waktu harian, pekanan atau bulanan
mungkin personal branding ini kan nampak,
setelah bertahun-tahun anda membuat track record kehidupan anda ^^
selamat mencoba
belajar bisnis
febrian adila idabadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar